06
Mar
09

goal setting

Mungkin kata-kata Goals Setting ini pernah bahkan sering sobat blogger dengar ya… atau belum sama sekali ? yah… ini sering saya dengar terutama di awal tahun 2009, dan sekarang sudah bulan Februari 2009 apakah Sobat sudah membuat “Goal Setting” untuk menghadapi tahun 2009 ini ?

Kalau sudah ada goals setting yang Sobat buat, selamat Sobat sudah selangkah lebih maju untuk menjadi orang sukses. Kalau belum… tidak ada kata terlambat. Penetapan sasaran kerja atau target atau disebut juga goals setting ini yang jelas akan membuat orang lebih paham apa yang diharapkan darinya. Selain itu, umpan balik kinerja akan dapat menurunkan ketidakpastian dalam bekerja. Saya juga sudah buat Goals Setting di awal tahun, dan baru-baru ini buat lagi untuk goals setting yang baru dengan tujuan yang berbeda, baru-baru ini juga saya mengingatkan kepada team saya dan murid adik-adik kelas saya untuk membuat goals setting. Disini saya mengingatkan juga kepada sobat blogger jika ada yang belum buat goal setting dalam hidupnya silahkan dibuat mulai sekarang.

Goal Setting yang baru saja saya buat yaitu target dari saya nge-blog. Setelah selama 2 bulan nge-blog saya baru mulai memikirkan bahwa banyak yang bisa diambil manfaatnya dari ngeblog ini. Dan saya sudah membuat goal setting saya dengan mengikuti blogging ini. Yah itu hanya saya yang tahu apa itu target saya :) jadi goal setting bisa saja lebih dari 1 tergantung dari apa yang akan kita harapkan dalam menjalankan hidup ini. Yah ini menurut saya yang masih terus belajar dalam hidup ini… yang saya ketahui dengan adanya target maka dalam menghadapi hari-hari kita memiliki focus yang akan kita raih.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lulusan Harvard yang telah lulus 20 tahun lamanya, mengungkapkan bahwa 3% dari lulusan Harvard yang menulis sasarannya dengan sangat jelas mencapai kebebasan finansial yang jauh lebih baik dari 97% lainnya. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kemungkinan orang sukses jauh lebih besar, ketika orang tersebut menuliskan sasaran (goal) dengan sangat jelas.
Walau memiliki talenta, bakat dan pendidikan tinggi masih bisa dikalahkan oleh orang yang mau menuliskan sasaran dengan sangat jelas, fokus terhadap sasaran itu dan berusaha terus untuk mencapainya. Karena kalau sudah punya goal maka pasti akan membuat perencanaan, dan dia akan berusaha focus untuk mencapai sasaran tersebut.

Kalau tidak ada goal atau target yang akan kita raih maka perjalanan hidup akan jadi tidak jelas walau mungkin ada kebayang keinginannya apa tapi untuk mencapainya jadi lama karena tidak ada perencanaannya. Ilustrasinya kalau dari rumah nih, terus ada teman ajak makan sekarang di suatu tempat yang Sobat tahu alamatnya tapi cukup jauh juga dari rumah. Nah begitu Sobat disuruh datang apa yang Sobat lakukan pertama-tama ? Apakah begitu dikasih tahu alamatnyanya langsung Go berangkat biar cepat sampai ? ayo yang mana….

Ini pernah saya alami sendiri dulu… sebelum tahu goal setting hehe, kalau lah langsung GO keluar rumah sampai dijalan tertentu yang ada lampu merah maka mulai deh mikir… baiknya lewat sini kali (hehe pakai perkiraan)… jadi tak menentu arahnya, alhasil perjalanan bisa jadi lebih jauh dan jadi mutar-mutar karena tidak ada perencanaan untuk mencapai target/tujuan tersebut bahkan yang tadi maksudnya biar cepat sampai eh malah jadi lebih lama. Makanya langkah pertama pastikan target kita, kemudian buat perencanaan untuk mencapai target tersebut, misal tempat makan tadi, rencanakan mana saja yang dilalui jalan mana saja yang bisa lebih singkat, tidak macet sehingga bisa cepat sampai tujuan. Bahkan kalau kita sudah membuat goal setting seperti itu maka kita sendiri sudah bisa menentukan speed atau kecepatan kita untuk mecapainya, kita bisa kontrol dengan baik. Oleh sebab itu mari kita tentukan apa goal setting di tahun 2009 ini dan buat planningnya untuk mencapai goal tersebut.

Semoga goal kita di tahun 2009 ini bisa tercapai begitu juga target-target lainnya baik yang jangka panjang maupun jangka pendek bisa tercapai, Amin.

sumber : goals-setting



Blog Stats

  • 26,755 dor-dor
free counters

Pos-pos Terbaru


